Kamis, 03 Desember 2015

Wanita Wajib Tahu! Tips Keren Seputar Dunia Perdapuran.

  1. Agar telur rebus tidak susah dikupas, jangan lupa celupkan kedalam air es saat telur tersebut baru matang/masih panas.
  2. Cuka adalah satu-satunya alat yang murah dan efektif untuk membersihkan perak dan perabotan lainnya. Untuk menghilangkan kotora yang ada di panci atau botol, masukkan cuka putih ke dalamnya dan rebus selama 15 menit. Cuka putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda dan bau binatang piaraan yang menempel di karpet.
  3. Jika rumah Anda akan dicat dan Anda tidak menyukai baunya, tambahkan beberapa tetes esens vanila ke dalam cat ketika diaduk. Bau cat akan hilang sedangkan warna tidak akan berubah.
  4. Untuk menghilangkan sisa coretan krayon pada perabot dari kayu, ambi sedikit mayonaise, oleskan pada kayu tersebut, lalu diamkan selama 10menit. setelah itu, ambil lap lembut, gosok perlahan-lahan. Jika bekas krayon sudah hilang, bersihkan/lap sekali lagi dengan lap bersih. 
  5. Agar karpet di rumah tetap segar dan bersih, taburkan baking soda diatas karpet dan biarkan selama 1 jam. Setelah itu, bersihkan dengan alat penghisap debu
  6. Jika makanan yang Anda masak gosong dan mengendap di penggorengan,tuang air panas ke dalam penggorengan. Jangan lupa masukkan sejumput garam ke dalamnya, lalu masak air hingga mendidih. Dengan cara ini,bekas masakan yang menempel akan lebih mudah dibersihkan saat Anda mencuci penggorengan tersebut.
  7. agar kaentang mudah di kupas Masukkan kentang ke dalambaskom besar kemudian tuangkan air mendidih ke dalamnya sehinggakentang terendam. Diamkan selama 5 menit kemudian ambil satu persatu, kupas dengan pisau yang tajam, kulit akan mudah terkupas.
  8. Biasakan untuk menggantung daging selama 10­-15 menit sebelumdipotong-potong, setelah diambil dari lemari es. Dengan demikian,sarinya meresap ke seluruh daging. Masa penggantungan daging akanmenghasilkan daging yang kuat, keras, dan lentur sehingga dapat dengan mudah dipotong.
  9. Memasak ayam yang sudah dipotong-potong, mulailah dari daging ayamyang berwarna lebih gelap karena warna gelap biasanya matangnya lebihlama dibanding yang berwarna putih. Dengan demikian, ayam matangsecara bersamaan.Jangan lupa oleskan jeruk pada ikan sebelum dimasak. Air jerukmembuat ikan tambah lezat dan tak berubah warna saat digoreng.
  10. Agar kentang atau nasi terasa lebih nikmat dan juga air rebusan tidaktumpah ke mana-mana saat m! endidih, tambahkan sesendok makan mentegaatau margarin ke dalam air rebusan.
  11. Kentang tak akan berubah warna ketika direbus jika Anda memasukkanbeberapa tetes cuka ke dalam air rebusannya
  12. Agar bawang cepat matang saat digoreng, tambahkanlah 1/2 sendok te garam ke dalamnya.
  13. Jika Anda memasak, mulailah dengan menumis bawang merah dan bumbulain, terakhir baru tambahkan bawang putih. Ini untuk mencegah bawangputih tidak menjadi gosong dan menimbulkan rasa pahit pada masaka
  14. Masak tomat dengan panas rendah agar rasa manis yang dihasilkan tomat tidak hilang. Sebaliknya, jika memasak tomat dengan panas tinggi,tomat akan menjadi asam.
  15. Agar talenan yang terbuat dari kayu bertahan lama dan bebas dari sisapotongan sayur/daging, oleskan dengan beberapa tetes minyak.
  16. Untuk mencegah peralatan baru Anda yang terbuat dari kayu bebas dari bau makanan, rendamlah semalam sebelum digunakan dengan air yang telah diberi cuka putih.
  17. Gunting dapur yang tumpul akan tajam kembali dengan acaramenggunting-gunting amplas.
  18. Rebus air yang sudah dibubuhi cuka hingga mendidih di penggorengan yang baru sebelum digunakan. Hal ini mencegah makanan menjadi lengketsaat digoreng.
  19. Bersihkan peralatan makan yang terbuat dari plastik denganmerendamnya di dalam air yang dicampur baking soda selama 10 menit.Setelah itu, bilas dengan air bersih.
  20.  Taburkan tepung di atas tumpahan minyak atau lemak lalu gosok. Minyakatau lemak akan mudah lepas dan hilang. Tepung dapat meresap minyakdan mencegah pula menjalar ke tempat lain. Tapi ingat, jangan coba membersihkan dengan serbet kertas atau kain.
  21. Untuk membersihkan parutan sehabis memarut keju, parutlah kentangyang masih mentah. Semua keju yang tersisa di lubang-lubang parutanakan terbawa.
  22. Untuk membersihkan perabot dari plastik yang ternoda, rendam di dalamsatu galon air hangat yang telah dicampur 1 mangkuk kecil pemutih.Biarkan selama 20 menit, setelah itu ambil dan cucilah dengan bersih.Terakhir, cuci seperti biasa dengan menggunakan sabun pencuci piringdan air hangat.
  23. Agar cabe tidak meletup-letup ketika digoreng, jangan lupa tusuk atau lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng.
  24. Saat mencuci kangkung, arnong/selada air atau genjer serta tanaman air lainnya jangan lupa dibilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati. Biasanya yang hobi nongkrong disitu lintah, keong, ulat dan cacing air (brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa pula gunakan cara ini).
  25. Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan didalam kulkas. Insyaa Allah bisa tahan hingga 1 minggu.
  26. Untuk mengetahui telur busuk atau tidak bisa gunakan tes apung air, jika mengapung diatas air itu tandanya telur sudah busuk.
  27. Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang (bukan dingin karena baru keluar dari kulkas, hal ini bisa membuat adonan tidak mengembang).
  28. Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan pakai tas plastik kresek, tapi gunakan koran dan atau majalah bekas. Sebab dengan cara ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk
  29. Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.
  30. Agar ikan tidak lengket dipenggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan diwajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti ikan goreng akan lengket dan hancur ketika dibalik, bisa juga olesi sedikit garam ke wajan sebelum dituangi minyak goreng.
  31. Menghilangkan rasa panas ditangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambal (kata orang jawa tangan wedhangen), bisa dilakukan dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian di lap, dan masukkan tangan kedalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar. Fiuuhhhf, dijamin rasa panas ditangan akan hilang.
  32. Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, dengan cara ini Insyaa Allah ampuh menghindarkan mata dari rasa pedih.
  33. Agar beras tidak dikunjungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi. Jadi Insyaa Allah dia tidak akan berani datang ke beras.
  34. Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan. Segera ambil sesendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda bisa diulang lagi.
  35. Agar kembang kates, daun kates/pepaya dan pare tidak terlalu pahit ketikadimasak, baiknya sebelum ditumis di rebus sebentar di air rebusan daun jambu biji (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu +- 5 menit, masukkan kembang/daun pepaya/pare) diamkan sebentar, matikan api. Baru setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera (kalau daun pepayanya untuk kulupan, bisa direbus hingga matang bersama daun jambu biji).
  36. Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan didekat garam.
  37. Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiapkali masak dan simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah, sehingga ketika akan mengambil, bisa ambil seperlunya saja.
  38. Mencegah Rebusan Kuah Meluap Dari PanciLetakkan sendok kayu panjang di tengah tengah panci untuk mencegah kuah tumpah meluap pada saat merebus atau dipanaskan di dalam panci. Pegangan sendok dapat memecah konsentrasi didihan sehingga uapnya bisa keluar.
  39. Membersihkan Bak Cuci PiringTuangkan beberapa tetes (banyak juga boleh) cuka diatas permukaan bak cuci piring yang ingin dibersihkan. Gosok-gosok menggunakan busa yang kasar tanpa menggunakan sabun. Cuci bersih setelahnya, bak cuci akan kembali bersih kesat dan bebas dari minyak.
  40. Kena Luka Bakar Ringan Saat Memasak? Ini Pertolongan Pertamanya, Saat kita mengalami luka bakar ringan, seperti kulit melepuh karena menyentuh wajan yang masih panas, segera kucurkan air mengalir (seperti air keran) ke area kulit yang terluka. Setelah itu, gunakan salah satu dari bahan-bahan dapur di bawah ini.
  • Putih TelurAmbil bagian putih telur. Lalu, oleskan ke area kulit yang terbakar. Biarkan mengering, setelah itu oleskan lagi bila perlu. Cara ini dipercaya bisa mencegah kulit melepuh makin parah.
  • Kantung Teh kandungan tannin dalam teh diyakini sebagai zat penyembuh. Ambil kantung teh, celupkan ke air dingin beberapa kali. Kemudian kompres area yang terkena luka bakar ringan dengan kantung teh tersebut.
  • Kentang MentahAmbil irisan kentang atau parut kentang. Lalu aplikasikan ke area yang melepuh.
  • CukaCuka putih atau cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi kulit melepuh. Oleskan cuka ke area yang melepuh atau bisa juga ambil kain bersih dan celupkan ke cuka, kemudian aplikasikan ke area yang terluka. Cara ini diyakini bisa mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
  •  Baking Soda Campurkan baking soda dan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan ke area kulit yang melepuh secukupnya. Ketika kering, bilas hingga bersih.
  •  Gel Lidah Buaya inilah gunanya menanam tumbuhan lidah buaya di rumah. Untuk mengatasi melepuh akibat luka bakar ringan, ambil gel lidah buaya secukupnya. Lalu aplikasikan ke area yang terluka
Berbagai sumber










Tidak ada komentar:

Posting Komentar