Senin, 13 Juni 2016

Tips membuat kue kering yang enak dan renyah


Buat yang lagi mau bikin kue kering buat persiapan lebaran, ini ada beberapa tips agar kue keringnya bisa renyah dan punya rasa yang lezat. Dan hasilnyapun jadi kue kering premium

1. Sangrai tepung terigu lebih dahulu sebelum dipakai, tapi jangan terlalu lama cukup sampai terigu hangat merata.

Gunakan tepung terigu protein rendah (biasanya merek kunci biru) . Tepung terigu protein rendah tidak terlalu banyak menyerap air sehingga kue yang dihasilkan lebih renyah

2. Mentega atau margarine dikocok sebentar dengan mixer sampai lembut lalu tambahkan keju parut sedikit saja untuk membuat rasa lebih gurih lalu kocok lagi hingga si keju bercampur dengan mentega lalu masukan kuning telurnya.
Kocok lagi sebentar saja, angkat wadah dari mixer lalu baru masukan bahan bahan kering.

Apabila menggunakan butter/mentega, pastikan dalam kondisi dingin agar tidak mencair ketika dikocok

3. Setelah tepung masuk ke dalam adonan, pengadukan harus dilakukan dengan cara menyincang. Jangan mengaduk dengan teknik lipat agar adonan tidak lentur dan mengaret supaya kue kering hasilnya tidak keras.

4. Jika ingin rasa yang premium tambahkan diakhir dengan 2 sdm fresh cream atau whipping cream diary.

Sehingga tidak perlu terlalu banyak menambahkan kuning telur satu resep per 250 gr tepung terigu cukup 1 kuning telur.
Karena terlalu banyak telur juga akan membuat si adonan kue kering berat dan tidak bisa mengembang sempurna dan itu yang kadang tidak menjadikannya renyah

Kuning telur membuat kue terasa lembut, dan putih telur membuat kue kokoh. Kombinasi yang pas sesuai resep agar kue kering lembut di lidah tapi tidak mudah hancur

5. Nah ini yang terpenting jika ingin hasil kue kering betul betul istimewa dengan kerenyahannya, gunakan mentega atau salted butter saja.
Kalau dirasa butter harganya mahal. Coba dikombinasikan butter yg istimewa dengan butter yang kelas menengah. Misalnya mencampurkan Butter Wisjman dengan Butter Hollman. Hasilnya kue kering akan mengembang bagus. Karena itu membentuk adonannya cukup kecil kecil saja karena nantinya akan mengembang sempurna ketika dioven.

Butter atau mentega memang lebih harum, tapi kalau hanya menggunaka butter resikonya tektur kue kering gampang hancur. Sebaliknya, dengan margarin menghasilkan tekstur yang kokoh sehingga cocok untuk kue kering tapi kurang harum. Untuk itu, campurkan keduanya agar mendapatkan rasa gurih, wangi, dan kokoh teksturnya. dengan perbandingan 3:1

6. Bahan-bahan tambahan yang sangat manis seperti fruitmix, kurma, atau kismis, sebaiknya dicuci dahulu agar tidak kering dan keras akibat pengovenan.

Pemakaian toping keju parut sebaiknya keju di oven dulu sebentar, sebelum dipakai sebagai toping

7. Boleh juga menambahkan perenyah atau namanya disebut emplex agar selain renyah juga kue kering bisa lebih awet (terutama untuk berjualan ya) cukup untuk 1 resep 1/2 sdt saja per 500 gr tepung terigu.

8. Pembentukan atau pencetakan kue kering saling menyesuaikan dengan adonan. Kue yang disendokkan atau refrigerator cookies lebih lembek adonanya. Kue yang dibentuk dengan cara dipotong-potong, lebih kalis dan hasil kuenya lebih padat.

9. Waktu mengoven kue kering, jaga suhu api agar jangan sampai terlalu panas cukup di suhu 150°c atau 170°c paling tinggi, hal ini untuk menghindarkan kue kering retak.

10. Nah ini juga penting untuk hasil bentuk yang cantik.
Kue kering yang hasilnya renyah kadang agak susah diambil karena cenderung agak nempel diloyang, terutama jika ada lelehan kuning telur yang menempel diloyang. Jadi gunakan baking paper atau lebih bagus lagi gunakan silicon baking paper. Hasilnya kue kering akan mudah diambil dari loyang serenyah apapun hasilnya.

11. Terakhir untuk Olesannya.
Agar hasil olesan bisa cantik kuning tidak pucat. Cukup dioles dengan kuning telur dan olive oil atau salad oil atau minyak goreng. Kocok sebentar lalu oleskan menggunakan kuas kecil.

Untuk hasil yang lebih maksimal warnanya. Sesaat sebelum kue kering matang ambil dari oven olesi sekali lagi dengan campuran kuning telur dan minyak goreng. Panggang lagi sebentar hingga kue kering atau matang.

Semoga tips-tips ini bisa bermanfaat bagi semua.

https://plus.google.com/u/0/communities/105763646046494468599

Tidak ada komentar:

Posting Komentar